HOME .POLHUKUM .PENDIDIKAN .EKONOMI .KESEHATAN. SOSIAL BUDAYA. WISATA ALAM. KRIMINAL. PEMBANGUNAN.

Rabu, 13 Agustus 2014

PANGDAM XVII CENDERAWASIH: ENDEN BUKAN MUSUH NEGARA YANG HARUS DITUMPAS Penulis : Arjuna Pademme on August 6, 2014 at 17:24:15 WP * Editor : CUNDING LEVI

Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua. (Jubi/Arjuna)
Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 6/8 (Jubi) – Meski Enden Wanimbo diduga menjadi dalang utama dibalik rangkaian penembakan di Kabupaten Lanny Jaya, Papua dalam dua pekan terakhir, namun kata Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua, Enden bukanlah musuh negara yang harus ditumpas.
“Enden Wanimbo yang merupkan dalang penembakan di Kabupaten Lanny Jaya selama ini. Tapi dia bukan musuh negara yang dihantam. Dia hanya masyarakat sipil yang bersenjata,” kata Pangdam Zebua, Rabu (6/8).
Menurutnya, aparat keamanan tak punya keinginan untuk menghabisi atau membunuh kelompok bersenjata itu. Akan tetapi, TNI dan Polri hanya  melakukan penegakkan hukum.
“Enden Wanimbo harus menyerahkan diri. Itu lebih baik. Jika prajurit TNI menewaskan kelompok bersenjata, kami pimpinan tidak ketawa. Tapi kami menangis, karena telah menghilangkan nyawa manusia yang bukan ciptaannya. Tapi kalau masalah ini dibiarkan, maka kita semua membiarkan mereka meninggal ditembak, baik prajurit, masyarakat dan kelompok itu sendiri,” ujarnya.
Kata Pangdam, TNI dan Polri tidak mungkin bisa menyelesaikan masalah yang ada ini tanpa ada bantuan dari pemangku kepentingan di Papua. Jika ingin sungguh-sungguh menyelesaikan permasalahan di Papua, Pangdam yakin permasalahan itu bisa selesai.

“Selama ini masalah tak pernah tuntas karena tidak ada kesungguh-sungguhan menyelesaikannya. Mari kita bersama membangun Papua ini. Silahkan beda paham, tapi mari kita selesaikan dengan baik,” katanya. (Jubi/Arjuna)

Tidak ada komentar: